Selasa, 23 April 2024

Bagaimana stress dapat mempengaruhi keseharian


Stress, cemas, dan kelelahan selalu mengganggu keseharian kita, tapi sebenarnya kita bisa menyeimbangkannya.

Rasa cemas dan stress adalah pengganggu. Mereka bisa menemukan cara untuk masuk ke hidup kita seperti dalam pekerjaan ataupun tanggung jawab lainnya. Lebih buruknya, hal itu dapat mengambil alih pikiran, ketenangan, dan kenyamanan pada momen yang kita jalani saat ini. Sehingga dapat menggiring kita pada kekhawatiran masa depan dan juga kesimpulan yang kurang tepat terhadap sesuatu. Ketika kita berada di fase ini kita hanya berfokus pada pertanyaan "bagaimana jika?" di bandingkan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Tentunya hal itu dapat menguras pikiran dan mengganggu ruang gerak dalam keseharian yang kita jalani.

Dalam istilah psikologi, rutinitas atau fungsi harian adalah hal yang seharusnya kita lakukan dan selesaikan dalam kehidupan sehari-hari meskipun kita di landa stress dan kelelahan. Tetapi jika stress dan kelelahan itu lebih dominan, entah kenapa rutinitas yang seharusnya bisa di selesaikan menjadi sulit untuk di kerjakan. Bahkan pada hal-hal kecil sekalipun. Penyebabnya bukanlah rasa malas, tetapi lebih seperti diri yang mematung karena kelelahan bersamaan dengan datangnya stress dan kecemasan. Jika hal ini terjadi, fungsi harian kita akan terdampak secara negatif seperti dalam hal:

- Kebersihan dan perawatan diri.

- Penyelesaian pekerjaan.

- Tanggung jawab terhadap keluarga/ parenting.

- Perhatian terhadap kondisi fisik kesehatan/ diet/ olahraga/ tidur.

- Kemampuan menekuni aktivitas yang di sukai/ hobi/ minat/ istirahat dan relaksasi.

Ketika fungsi harian kita terdampak oleh kecemasan yang berlebih. Tentunya dapat menimbulkan pengalaman dan kesan tak terpuaskan dalam hidup. Membuat fokus teralihkan pada kekhawatiran tanpa menyadari bagian terpenting dalam hidup ini.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki fungsi harian kita yang terdampak oleh stress dan kecemasan?

1. Telaten dalam menilai hal yang terjadi di hidup kita (Pekerjaan, keluarga, asmara, kesehatan fisik, keuangan, dll).

Memberi perhatian lebih pada elemen-elemen spesifik di hidup kita yang dapat menimbulkan stress dan kekhawatiran adalah langkah tepat untuk merumuskan rencana agar terhindar dari gangguan ini. Cobalah merefleksikan diri untuk menemukan jawabannya.

2. Membayangkan apa yang terjadi jika kita mengoptimalkan fungsi harian.

Mengoptimalkan fungsi harian memiliki banyak manfaat di kehidupan kita. Tentu saja kita akan memiliki banyak waktu luang untuk di habiskan seperti berkumpul dengan keluarga, pergi berolahraga, ataupun melakukan kegiatan yang kita senangi. Jika fungsi harian kita berjalan dengan baik maka ini dapat membantu kita untuk menerapkan perubahan positif dalam hidup. Semua hal itu bisa terwujud dengan persiapan dan juga konsistensi. Tapi dengan membayangkan manfaatnya terlebih dulu akan membuat kita termotivasi untuk melakukan fungsi harian kita dengan benar.

3. Memahami area dimana kita membutuhkan dukungan.

Contoh, jika kita tersiksa karena beban kerja yang ada sehingga kita di perlu bekerja pada hari libur. Kita akan mencari cara untuk membuat batasan yang kuat dalam pekerjaan agar tidak mengganggu kehidupan pribadi. Ketika kita mengetahui berapa banyak waktu dan tenaga yang terbuang pada hal yang tidak seharusnya. Maka kita bisa tahu di area mana kita membutuhkan pertolongan dan dukungan.

4. Menerapkan rencana untuk mengurangi stress.

Menilik kembali diri secara personal membantu kita menyadari apa hal yang perlu kita lakukan untuk mengurangi stress. Contoh, kamu selalu membeli 2 paket makanan untuk sarapan dan makan siang. Hal itu kamu lakuka karena lokasi restoran di tempat kerjamu cukup jauh dan biasanya cuaca sangat panas di siang hari. Hal itu dapat menguras waktu dan tenaga hanya untuk sekedar makan siang. Jadi kamu telah melakukan hal yang tepat dengan mengeluarkan sedikit usaha untuk membeli makanan di pagi hari untuk di makan siang hari. Terdengar sederhana namun efektif untuk menjaga produktifitas dan moodmu dalam bekerja. Maka lebih pekalah dengan dirimu sendiri agar kamu bisa menghindari stress.

Ketika kita bisa mengurangi stress dan kecemasan secara memadai. Fungsi harian kita bisa meningkat dengan baik dan dengan mudah kita bisa menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab kita sehari-hari. Tindakan dan juga fokus kita akan lebih terarah pada hal-hal yang bisa membawa perubahan positif dalam kehidupan. Berikut tanda-tanda yang bisa kita rasakan jika fungsi harian kita sudah berjalan dengan baik:

1. Lebih banyak meluangkan waktu untuk kesenangan, hobi, dan juga perawatan diri.

2. Mengurangi waktu pada hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan kecemasan.

3. Batasan yang kuat dengan komunikasi pekerjaan dan pekerjaan di luar jam kerja.

4. Lebih fokus dengan kebersihan diri, aktivitas fisik, dan kondisi tubuh.

5. Keseimbangan antara pekerjaan, keluarga, dan diri sendiri.

6. Tidak berfokus pada scenario masa depan seperti “bagaiamana jika” dan lebih perhatian tentang kondisi atau momen yang sedang terjadi saat ini.


Share:

0 comments:

Posting Komentar