Kamis, 07 Desember 2023

Menulis adalah keharusan


Langsung saja aku ceritakan kenapa menulis itu harus!

Wujud eksistensi

Manusia bisa dikenal dan dipahami dari perilakunya, sedangkan perilaku berasal dari pemikiran. Tidak hanya dengan perbuatan pemikiran juga bisa di abadikan lewat tulisan, hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Segala pendapat ataupun sudut pandang yang kita tulis adalah wujud eksistensi kita sebagai manusia. Tulisan akan lebih lama bertahan bahkan Ketika kita sudah tiada. Selagi media yang kita tulis masih awet maka orang-orang masih bisa membaca tulisan yang di hasilkan dari pemikiran kita. Setiap pengalaman, sudut pandang, ide-ide yang di tuang kedalam tulisan adalah wujud eksistensi kita sebagai manusia yang progresif.

Memfungsikan otak

Menulis ibarat melatih otak kita untuk tetap berkembang. Cara kita menyusun tema dan memilih kata demi kata adalah proses pengolahan yang di lakukan oleh otak kita. Menulis adalah kegiatan kreatif yang terus membuat otak kita bergerak dan tidak mati. Tak heran orang yang sering menulis akan lebih luwes dan aktif Ketika berhadapan dengan dunia sosial karena dia sudah terbiasa berhadapan dengan ribuan bahkan jutaan kata-kata. Memfungsikan otak dengan rutin bisa membuat pribadi menjadi lebih berkarakter.

Pelepasan stress

Meluapkan apa yang sedang menjadi beban kita melalui tulisan itu sangat membantu meredakan stress. Kata demi kata yang di tulis seperti meredakan setiap ganjalan yang ada di hati kita. Tidah perlu berpikir akan jadi seperti apa, coba saja menulis keluh kesahmu. Maka kamu akan merasakan tekananan stressmu mulai menguap karena apa yang ada dipikiranmu telah kamu ungkapkan kedalam tulisan. Jadi kamu tidak lagi menyimpan unek-unekmu dipikiran melainkan sudah pindah kedalam tulisan.

Refleksi diri

Cobalah untuk rajin menulis dan lihat lagi nanti ketika sudah lama. Maka kamu akan menemukan dirimu yang sebenarnya disana. Kamu akan bisa membaca proses kehidupanmu. Dari setiap tulisan kamu bisa merefeleksikan dirimu di tiap momen kehidupan. Rasanya sangat menyenangkan loh ketika kita membaca tulisan lama kita. Dengan membaca tulisan-tulisan lama kita bisa belajar untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa kedepannya.

Menulis adalah sebuah keharusan bagi manusia agar dia tidak hilang begitu saja. Menulislah dan luapkan segalanya disini.

 

Share:

2 komentar:

  1. Namun sebelum menulis, perbanyaklah membaca, karena jika tak banyak membaca, maka akan bingung mau nulis apa... hehe

    BalasHapus