Minggu, 17 Desember 2023

,

Cycle overthinking setiap akhir tahun..


Kita sepakat bahwa manusia itu harus berkembang dan menjadi lebih baik setiap waktu. Bahkan setiap awal tahun kita pasti membuat wish list tentang apa saja yang ingin kita gapai di tahun yang akan kita jalani. Menurutku itu hal yang bagus. Menuliskan apa yang ingin kita capai adalah bukti bahwa kita memiliki niatan untuk terus maju dalam kehidupan. Tapi sayangnya setiap akhir tahun pasti banyak suara-suara sumbang yang menyindir apakah wish list kita sudah tercapai di tahun yang akan segera berakhir ini.

Hal-hal itu bisa saja kita temui secara langsung ketika bersosial dengan orang-orang ataupun postingan-postingan di media sosial yang mengolok-olok pencapaian kita yang belum terwujud di tahun ini. Mungkin bagi mereka wish list yang belum terwujud adalah sebuah kegagalan.

Apakah kalian sadar bahwa pikiran orang-orang di luar sana jarang sekali yang positif, kebanyakan adalah pikiran yang negatif. Biasanya pikiran negatif itu di balut dengan candaan agar mudah di terima. Terkadang hal-hal semacam itu bisa membuat kita insecure dan merasa bahwa kita selalu kurang dalam hidup. Rasanya menyedihkan ketika orang-orang menertawakan diri mereka sendiri dan menganggap diri mereka gagal.

Memang dalam hidup kita harus berkembang, tapi ingat hidup bukanlah ajang perlombaan. Setiap orang memiliki temponya sendiri dalam berkembang dan ketika kita belum merasakan hasil dari apa yang kita perjuangkan itu bukan berarti kita telah gagal. Lalu apakah kita perlu ikut tertawa dengan jokes akhir tahun yang biasanya beredar? Tentunya tidak, karena diri kita ini belum gagal seperti yang mereka pikirkan.

Coba pikirkan kembali tentang waktu yang kamu habiskan 1 tahun kebelakang. Jangan hanya mengingat kekurangan dan melupakan apa yang sudah banyak kamu capai di tahun ini. Maka bersyukurlah dengan apa yang sudah kamu capai di tahun ini meskipun bagimu adalah hal yang kecil belum tentu orang lain bisa melakukannya lebih baik dari dirimu.

Jadi, jangan dengarkan suara-suara sumbang yang mengganggu pikiranmu untuk terus maju. Ambil waktu untuk merefleksikan semuanya. Lanjutkan apa yang sedang kamu perjuangkan. Kemudian aturlah temponya sesuai kemampuan dan keyakinanmu tanpa harus mengkhawatirkan orang lain. Percayalah pada dirimu sendiri. Mari kita akhiri tahun ini dengan sukacita tentang apa yang sudah kita capai.

Share:

0 comments:

Posting Komentar