Rabu, 06 Desember 2023

Menakhlukan cycle yang berulang setiap tahun


Sebagai guru, menjelang akhir semester pastilah sibuk karena mengurusi lembar koreksi dan nilai para siswa yang sangat banyak. Nah biasanya aku sendiri keteteran dengan tugas yang sangat banyak itu. Mengurusi lembar soal yang banyak satu persatu sangat menjenuhkan. Kalau sudah pada puncaknya pasti kepala belakang sakit dan pinggang juga sakit karena terlalu banyak duduk.

Setiap tahun aku mencoba menyelesaikan cycle ini dengan baik, tapi kemarin-kemarin masih gagal dan sering di bantu istri untuk menyelesaikannya. Tapi syukurnya di tahun ini aku bisa menyelesaikannya dengan cepat. Faktor pengalaman juga sepertinya sangat membantu. Menuju tahun ke 5 mengajar aku baru paham celahnya untuk lebih cepat mengerjakan pekerjaan itu.

10 amplop berisi 25-26 lembar serta butir soal yang berjumlah 30 akhirnya bisa aku selesaikan sendirian. Tidak sia-sia beli kalkulator waktu itu, ternyata efisien juga ngoreksinya di bandingkan pakai hape. Alhamdulillah rasanya melegakan aku jadi bisa nulis sesukanya karena banyaknya waktu luang.

Aku sampai membantu teman guru mengoreksi map soal matematikanya saking nganggurnya aku dan ingin mereka cepat beres juga. Soalnya minggu depan kita ada acara perpisahan ke Bandung, jadi aku ingin semua guru bisa menyelesaikan koreksian dan nilai agar nanti tidak keteteran. Meskipun ternyata pusing juga ke kepala ngoreksi soal matematika, tapi tidak apa-apa demi kenyamanan kita Bersama aku rela. Bahkan kalau besok ada yang tugasnya belum selesai aku siap membantunya sampai selesai.

Memang menyelesaikan tugas lebih cepat banyak keuntungannya. Hati jadi lebih tenang dan mood akan bagus karena tidak ada tugas jadi bebas mau melakukan apa saja. 

Share:

2 komentar:

  1. Di kerjaan saya akhr taun ini berasa kayak ngunpul semua target di bulan ini dan yg harus dicapai semua selama setaun ini dipertaruhkan semua di bulan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga cepat beres kerjaannya supaya mood aman hhe

      Hapus