Selasa, 27 November 2018

KESEPIAN: APA HANYA ITU YANG KAMU PIKIRKAN?

Apa ada cara untuk melawan kesepian?


Kesepian, menurutku, mungkin berbeda dengan kesepian menurutmu—itu adalah pengalaman yang sangat subjektif dan keadaan itu membuatku merasa sedang di lautan perikemanusiaan mungkin sepenuhnya tidak berpengaruh sama denganmu. Singkatnya, rasa kesepian ada ketika sebuah relasi sosial tidak mendukung apa yang kita butuhkan pada saat–saat tertentu . Dan ketika kita sangat menginginkan “waktu sendiri”, kesepian bertentangan bagi sebagian orang—itu adalah lubang yang harus kita isi, bukan tempat yang ingin kita selalu rangkul.

Ini tentang Kualitas, BUKAN Kuantitas
Kesepian adalah fungsi dari kebutuhan afektif dan reflek kurangnya relasi, bukan kekurangan orang. Itu mengapa kita bisa merasakan kesepian seperti yang orang rasakan di keramaian. Faktanya, berada di tengah keramaian bisa membuatmu merasa lebih kesepian jika kita hanya pergi sendiri tanpa membawa teman yang bisa mendukung kita ditambah kita tidak bisa terhubung dengan orang disekitar kita.

Tipe penyendiri
Dari sudut pandang keberadaan, sedikit extsistensial loneliness bagus untuk jiwa, bagian itu sudah pasti tidak dapat di elakkan dari kehidupan manusia. Tetapi, kesepian cenderung mencampur adukan perasaan negative dan hal-hal yang bisa menolong dalam bidang self-exploration, ada juga sesuatu yang ingin kita tolak dan ingin hindari sebanyak yang kita bisa.

Emotional loneliness adalah perasaaan kurangnya hubungan dan kasih sayang. Kamu mungkin merasakan hal ini ketika setiap orang di kelompokmu memiliki pasangan, sedangkan kamu tidak.
Social loneliness terjadi ketika kamu merasa tidak memiliki sebuah kelompok yang diluar kemauanmu. Mungkin kamu juga merasakan social loneliness  dalam hubungan romantik dengan pasangan berhargamu. Jika kamu tidak merasakannya kehadiranmu bernilai pada lingkaran yang lebih luas, kamu bisa saja mengalami social loneliness.

Terakhir, ada chronicity factor of loneliness. itu bisa jadi adalah sebuah perasaan sementara, perasaan situasional, atau perasaan kronis. Sebagian besar orang mungkin telah melewati masa kesepiannya dengan baik; perasaan sementara ini adalah normal dan alami.

Situational loneliness bisa menjadi perasaan yang lebih terasa dari ketiadaan, khusususnya ketika kita ditemani oleh beberapa peralihan lain—merasa sendirian ketika makan siang ditempat kerja baru atau pindah ke tempat baru karena mengikuti pasangan dan merasa tersisihkan ketika pasanganmu berangkat kerja dan kamu ditinggal sendirian di tempat baru tanpa kenal orang sekitar.

Definisi kesepian?
Ada banyak studi yang mencoba menunjukan dengan tepat “definisi” sederhana seperti yang di asosiasikan secara psikologi dan kesehatan fisik. Dan sementara kita juga berpikir bahwa kesepian itu kebanyakan datang dari “orang-orang dewasa,” anak muda sekarang adalah generasi yang paling kesepian—Generation Lonely, telah hadir.

Beberapa cara yang telah di coba oleh peneliti untuk melawan rasa sepi terangkum dalam empat cara (Masi, Chen, Hawkley, & Cacioppo, 2010):
  • Peningkatan kecakapan sosial—mengajari seseorang bagaimana caranya untuk berinteraksi dan lebih efektif dalam lingkungan sosial.
  • Peningkatan dukungan sosial—jadwalkan interaksi dan bangun hubungan sosial.
  • Peningkatan kontak sosial—memfasilitasi kesempatan tambahan untu berinteraksi sosial.

Ubah pemikiran/ Keyakinan tentang interaksi sosial/ Dukungan.
Coba tebak? Metode yang paling efektif untuk melawan kesepian tidak ditemukan terkait peningkatan sosial, kecakapan, ataupun peningkatan kesempatan berelasi; ternyata cara yang paling efektif adalah dengan merubah pola pikir kita tentang situasi sosial dan interaksi sosial.

Kesepian mungkin hanya keadaan pikiran?
Ada bahaya yang bersembunyi jika kesepian tidak beralasan dan perasaan untuk memiliki tidak tersampaikan. Kesepian bisa bergeser pada depresi dan, sekali depresi mengambil alih, situasi akan bertambah buruk—satu dari gejala depresi ialah kurangnya minat dalam melibatkan diri ke dunia sosial. Hal itu bisa menjadi sebuah tantangan berat untuk dirimu untuk menekn agar bisa meninggalkan keyakinan negative tentang dirimu sedniri  terhadap orang lain jika pikiranmu terjebak dalam keadaan depresi.

Orang kesepian selalu memliki tingkat self-esteem yang rendah sejalan dengan perbandingan sosial dan gangguan sosial. Jika seseorang merasa tidak nyaman dengan diri mereka sendiri, hal itu akan membuat mereka sulit  mengusahakan sesuatu dalam kelompok dan dalam membangun koneksi sosial. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang dapat merubah pikirannya tentang pengambilan langkah ini, mereka lebih seperti memulai untuk pergi meninggalkan perasaan kesepian di bandingkan  jika mereka tidak melakukannya.
Anak muda sering merasa tidak ada waktu untuk hubungan otentik, tetapi sampai mereka merubah keyakinan tentang nilai hubungan untuk kebaikan—dan, pada akhirnya, untuk kesuksesan akademis dan kepuasan hidup—mereka bisa melanjutkan untuk konsisten sebagai jalan mereka untuk projek penyelesaian.

Kesepian merupakan tanda kesehatan juga
Penelitian terbaru mengidentifikasikan kesepian dan kekurangan relasi sebagai tanda keras mungkin sama  mematikan seperti seperti rokok dan obesitas. Tetapi, kebanyakan orang menyepelekan seberapa jauh pengaruh sosial terhadap kesehatan (Haslam et al., 2018). Bagi mereka yang tidak menilai peran relasi sosial, pria dan orang yang lebih muda berada di tingkat teratas. Beberapa dari kita mungkin berpikir bahwa ini masuk akal—wanita dewasa cenderung lebih melibatkan koneksi sosial secara lebih aktif. Dan kita juga tahu bahwa kita mebuang waktu lebih banyak untuk focus pada  edukasi kesehatan mencegah kebiasaan beresiko dan kebiasaan negative pada pemuda di banding bisa ikut pro-sosial yang bermanfaat dengan kesehatan.

Hal tersebut terkait, kemakmuran psikologis kita terhubung dengan kemakmuran fisik dan ketika kamu memaksa hati dan pikiranmu dalam hubungan sosial, kamu menyiksa tubuhmu juga.

  • Ingatkan dirimu bahwa ada orang lain yang berusaha untuk terhubung, tapi kamu tidak menunjukkan usahamu untuk mewujudkannya, kmaka kegagalan hubungan adalah hal yang pasti.


  • Ingatkan dirimu bahwa lebih baik kamu bisa merasaakan dirimu sendiri lebih baikdari orang lain. Kesepian itu menular sebagai pengaruh positif. Ketika kamu bertindak sebagai orang yang pantas untuk di cari tahu, orang lain akan memperlakukanmu seperti itu.


  • Ingatkan dirimu bahwa kamu tidak harus menemukan lusinan temanbaik untuk mendapat manfaat baik dari segi kesehatan; kamu hanya butuh menemukan satu atau dua orang yang membiarkanmu menjadi kamu dan mereka menjadi mereka. Tidak, itu tidak mudah untuk langkah pertama dan mencapainya dari teman yang  sekiranya potensial untuk hal itu, tetapi hal itu dua kali lipat perlu.
Share:

1 komentar:

  1. Kalau merasa kesepian pergilah cari teman.
    https://heffrihutapea.blogspot.com

    BalasHapus