Jumat, 21 April 2023

Perlukah pengakuan dari orang lain?


Saya selalu penasaran bagaimana sebenarnya orang lain menilai diri saya. Apakah saya merupakan orang yang memiliki kelebihan di mata mereka atau hanya sekedar NPC saja.

Ini hanya pemikiran pribadi yang sesekali muncul dan tidak pernah terjawab "Apakah saya layak di perhitungkan oleh mereka?". Pertanyaan ini muncul dari rutinitas di tempat mengajar. Sebagian besar waktu saya habiskan di sekolah. Membuat saya berpikir apa saja keahlian yang sudah saya kembangkan disini.

Meskipun saya sadar ini egois, tapi sepertinya saya haus juga akan pengakuan. Menurut saya hal itu perlu untuk klaim bahwa saya layak berada di posisi atas. Bagi saya hidup harus dinamis dan perlu berkembang dan tanda pencapaian adalah di raihnya reward ataupun respect dari orang-orang.

Saya selalu memiliki sikap kompetitif meskipun tidak banyak. Jadi terkadang saya terpacu untuk membuat perubahan, dan ternyata itu cukup melelahkan, maka dari itu di hati kecil saya bertanya bisakah mereka merasakan hal-hal yang sudah saya usahakan. Adakah tanggapan positif dari mereka? Atau mungkin mereka memandang negatifnya saja? Atau bahkan iri?

Memang untuk menjalani hidup kita tidak perlu selalu memikirkan pemikiran orang lain, karena nantinya kita jadi tidak punya pendirian dan selalu berusaha menjadi yang orang lain inginkan. Tapi menurut saya setidaknya kita harus tetap memelihara jiwa kompetitif kita. Tulisan ini hanya sekedar ungkapan dari pemikiran yang terbesit.

Share:

0 comments:

Posting Komentar