Senin, 13 November 2023

Beginilah gambaran masa SMP dan SMA yang ideal!

 


Halo.. siapapun disana yang membaca tulisan saya. Apa kabarnya kalian? Semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. 

Kali ini saya ingin kembali mengejawantahkan apa yang sedang ada di benak saya. Belakangan ini saya sedang enjoy sekali dengan work life yang sedang di jalani. Saya merasa bersyukur bisa berada di titik ini. Saya masih bisa menghabiskan waktu saya dengan bersenang-senang menggeluti hobby saya di basket. Ini membuat saya mengenang masa sekolah saya daulu yang sedikit saya sesali. Andai saja dulu saya paham bagaimana cara menghabiskan masa sekolah. Mungkin saya tidak akan coba membandingkannya dengan masa sekarang. 

Yang pertama..

Gelutilah olahraga yang kamu sukai apapun itu, tetapi harus bidang yang di kompetisikan. Sebelumnya kamu perlu sedikit cari tahu tentang ekskul yang ada di sekolah apakah aktif dalam kompetisi atau tidak. Menurut saya hal itu penting, karena kegiatan itulah yang menjadikan ekskul mengasyikan. Dengan adanya latih tanding ataupun kompetisi membuat seseorang memiliki perspektif baru dan pengalaman yang baru. Serta dapat menumbuhkan jiwa bersaing yang membuat hari-hari semakin berwarna dan bersemangat. Disana juga kamu bisa memiliki banyak teman. Jadi temanmu tidak hanya di kelas saja. Bahkan jika olahraganya beregu kamu bisa dengan bangga memiliki team sendiri untuk di perjuangkan. Tidak hanya belajar untuk optimis dan disiplin terkadang olahraga juga ada momen sedihnya. Ketika kita kalah pastinya akan kecewa dengan pencapaian diri. Nah tapi justru disitu asyiknya. Dengan melewati kesenangan dan kesedihan bersama teman akan membuat kita mengerti arti kehidupan dan memiliki semangat untuk bangkit kembali dalam keterpurukan. Ini saya sebut "momen solidaritas!".

Yang kedua..

Memberi waktu khusus untuk belajar mandiri di rumah. Pahamilah ini, jangan sampai kamu belajar bertahun-tahun tapi tidak paham apa saja yang telah kamu pelajari. Menjaga waktu belajar dan bermain sangatlah vital. Kamu harus menyisakan waktu dalam satu hari untuk mengulang pelajaran yang telah di bahas di sekolah. Itu adalah cara paling sederhana untuk meningkatkan nilai belajarmu. Berusahalah sedikit lebih keras untuk memahami apa yang telah di ajarkan oleh gurumu pada hari itu. Mungkin ini berat. Tapi cobalah berpikir. Tugas utamau saat masa sekolah adalah belajar. Jadi berusahalah untuk menguasai pelajaran. Kalaupuna ada yang sulit untukmu. Komunikasikan dengan guru ketika mereka tidak sibuk. Percayalah kata-kata saya ini. Untuk menghabiskan masa muda yang menyenangkan adalah menjadi pemuda yang tidak bodoh!

Yang ketiga..

Persiapkan masa depanmu. Jangan malas untuk berintrospeksi dan melanjutkan masa depan. Jangan sampai kamu terombang-ambing tidak punya pendirian dan hanya ikut-ikutan teman saja. Jika kamu masih SMP bersiaplah untuk mencari SMA yang kamu impikan dan apa saja yang nantinya mau kamu lakukan disana. Jangan menjadi plin-plan atau nantinya malah salah jurusan seperti saya hehe. Jadilah smart rajin membaca referensi dan aktif bertanya dengan guru-guru supaya hidupmu bermakna dan mandiri. Jangan seperti saya yang dulunya malas mencari tahu dan tidak suka bertanya dengan guru. Akhirnya salah jurusan deh. Bertanggung jawablah atas masa depan yang akan kamu pilih.

Yang keempat dan terakhir..

Seleksi teman-temanmu. Hindari mereka yang toxic. Cara sederhana adalah jauhi saja perlahan dan tolak secara halus setiap ajakannya untuk bermain. Kamu perlu memperhatikan pertemananmu. Mereka bisa saja merusakmu dengan sadar ataupun tidak sadar. Kamu harus pandai bersosial dan paham bagaimana caranya menghadapi berbagai tipe orang dengan tenang dan tidak terburu-buru. Dengan teman yang baik nasibmu bisa menjadi baik juga. Tapi tidak dengan mereka yang negatif.

Jadi begitulah cara menghabiskan masa sekolah yang ideal menurut saya. Intinya adalah bertanggung jawab dan sadar secara penuh tugasmu sebagai seorang pelajar. Serta pandai mengatur waktu belajar dan bermain. Ketika di kelas kamu cemerlang dan ketika ekskul kamu bersenang-senang!

Share:

0 comments:

Posting Komentar