Minggu, 31 Maret 2019

,

6 Pengalaman Asik Yang Bakal Kamu Alami Kalo Kamu Jadi Mahasiswa; Cerita Mahasiswa Yang Sebentar Lagi Lulus.


Kalo kamu abis lulus SMA/SMK dan punya kesempatan untuk kuliah, ambilah kesempatan itu. Jangan di sia-siakan karena kuliah itu asik banget.

Sebelumnya ada saran nih bagi kamu yang baru lulus sekolah dan masih bingung. Langkah pertama dan yang terpenting adalah penentuan jurusan kuliah. Jurusannya ada banyak, contoh: Pendidikan/sastra bahasa Inggris, tekhnik komputer, ilmu komunikasi dll. jangan malas bertanya  dengan guru atau teman dan browsing di google untuk referensi kamu karena dalam penentuan jurusan itu harus sesuai dengan minat kamu. Renungkan dari hati yang terdalam kalo kamu senang dan bisa berkembang dalam waktu kuliah rata-rata 4 tahun kedepan dengan jurusan yang akan kamu ambil.

Kuliah itu sangat berbeda dengan sekolah. Disini kamu akan berlatih mandiri dalam belajar. Ngga kaya waktu sekolah guru yang nerangin materi di depan kelas, di kuliah kamulah yang menjelaskan materi di depan kelas. Tapi tenang aja, ngga horor kok, kuliah itu asik lagi. Ngga percaya? Simak nih pengalaman saya tentang 6 Pengalaman Asik Yang Bakal Kamu Alami Kalo Kamu Jadi Mahasiswa; Cerita Mahasiswa Yang Sebentar Lagi Lulus.

1. Punya banyak teman dengan passion yang beda-beda
Mungkin kamu mulai bosan dengan teman semasa SMA/SMK yang hobi/ passion nya itu-itu aja or nothing special. Di lingkungan kuliah barumu nanti, kamu akan bertemu banyak teman baru dan di antara mereka bakalan ada orang yang ngga kamu duga bakatnya. Contohnya saya bisa berteman dengan orang-orang yang memiliki passion di bidang musik, basket, fotografi, blogging dll. Dengan begitu kita bisa sharing bareng tentang passion masing-masing dan memperkaya wawasan kamu. Makanya perbanyaklah berkenalan dengan sesama mahasiswa saat masa-masa pengenalan lingkungan kampus. Percaya deh masa pengenalan kampus itu bakal seru abis!!!

Pernah meet up dan hunting foto bareng dengan member Mataponsel Tangerang yang anggotanya ada mahasiswa satu kampus juga.


2. Dapet pengalaman seru diluar mata kuliah dengan aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa 
Unit Kegiatan Mahasiswa/ UKM simplenya  sama dengan istilah ekstrakurikuler di sekolah yaitu tempat mahasiswa menyalurkan minatnya. Contoh UKM itu ada Teater, Basket, Voli, Taekwondo, dll. Nah, kebetulan saya dulu aktif di Teater. Lalu, Pengalaman asik apa yang saya dapat selama mengikuti UKM ini?

1. Bekerjasama dengan kelompok untuk menampilkan sebuah drama teater secara mandiri. Pernah tampil 2 kali dengan kelompok yang berbeda. Pertama kelompok "Hyang Kalimasada" dengan lakon Kotak Rahasia dan yang kedua yaitu kelompok "Own Theater" dengan lakon Diamku adalah Kerinduan. Dalam teater banyak banget ilmu yang kita praktikan seperti seni, manajemen penonton, penjualan tiket, tata panggung, tata rias, koreografi dan banyak lagi. Tentunya dalam satu kelompok harus bisa bekerjasama dengan baik aga acara berjalan lancar. Keren deh!

Bersama teman kelas A1 "Own Theater".
Team Penata Musik Own Theater.


Own Theater dapet penghargaan poster terbaik!
Saya jadi Pimpro (Pimpinan produksi) eksis dulu hehe..

2. Saya bisa belajar alat musik tradisional seperti gamelan juga alat musik pukul/ perkusi yaitu djimbe dan malah di ajak untuk pentas bersama dengan memainkan lagu-lagu dari Teater Cahaya UMT. Manggung menjadi djimbe player menurut saya sangat berkesan. Saya ikut tampil di acara ulang tahun yang berlokasi di Gedung PP Muhammadiyah Jakarta, kebetulan saya dari Tangerang jadi bisa liat Monas di malam hari hehe, tapi pada saat tampil disana saya hanya berperan sebagai penari panggung. Dan saat saya ikut mengisi acara di ulang tahun kota Tangerang baru saya berperan sebagai djimbe player. Asiknya nih, ternyata saya dan teman-teman dapet bonus sebesar Rp.200.000 karena ikut menjadi djimbe player. Mantap deh!
Tampil di gedung PP Muhammadiyah, Jakarta.

Foto bareng Pak Madin, dosen yang multi talenta dan hard worker! Saya kagum dengan work sheetnya beliau sangat teliti dan keren. Beliau ini orang yang berperan mengatur keseluruhan acara di Teater Cahaya Umt.

3. Berani berbicara di depan umum
Di perkuliahan nanti sistem belajarnya biasa pake sistem presentasi. Jadi nanti dosen kamu akan membagi beberapa kelompok dari teman-teman kamu, lalu setiap kelompok akan kebagian materi masing-masing. Materinya bisa bersumber dari buku ataupun referensi bebas seperti internet. Nah, nanti setiap kelompok akan di beri waktu untuk menjelaskan materi yang sudah mereka pelajari sebelumnya, meskipun berkelompok tapi tetap setiap anggota kelompok wajib untuk ikut menjelaskan materi kepada teman-teman kelas kalian/ audience. Dalam sesi presentasi inilah kamu akan belajar untuk berani berbicara di depan umum. Awalnya mungkin akan grogi, tapi dengan belajar dan terbiasa maka kamu akan pede dan lancar untuk berbicara di depan banyak orang. Kalo begitu kan jadi ngga ragu lagi untuk bersosial di masyarakat, asik kan.

Micro Teaching, assiaappp.


Biasanya sehabis presentasi kelompok presenter akan di cecar pertanyaan sam audience nih. Untuk menjawabnya maka kelompok presenter akan berdiskusi seperti ini.

4. Persahabatan
Persahabatan disini maksudnya adalah lebih ke partner belajar ya. Dalam masa kuliah nanti kamu bakal nemuin beberapa orang yang bisa kamu ajak untuk have fun bareng terutama dalam belajar. Mereka ini adalah orang-orang yang asik untuk di ajak bercanda dan bisa ngilangin jenuh kamu kalo lagi bosan belajar. Seru deh persahabatan masa kuliah itu hehe.

Team Success kita menyebutnya hehe. Dari kiri ke kanan ada Rismi, Afas, dan Teh Fuji.

5. Belajar untuk lebih dewasa
Belajar untuk menjadi dewasa emang asik ya? Tentu dong! Di kampus kamu akan menemui berbagai macam sifat/ watak orang-orang. Ada yang ramah, sombong, cuek, lucu, nyebelin dll. Disinilah kamu bisa belajar bagaimana cara menghadapi setiap orang baik itu teman maupun dosen dengan karakter yang berbeda-beda. Hal ini akan mengasah kedewasaan kamu dalam menyikapi suatu masalah dengan orang-orang. Ingat! mahasiswa adalah seorang problem solver. Jadi kalo kamu bisa menyatu dengan orang-orang yang berbeda-beda dan mengajak mereka bekerjasama, maka itu akan sangat menguntungkan kamu loh. Sikap dewasa adalah sikap yang bijaksana, jadi kamu bisa banyak belajar dengan lingkungan sosia di kampus.

Foto bersejarah ini. bareng Kak Desinta, eciee.  FYI, dulu saya pernah jadi ojol. Tp sekarang ojolnya udah bangkrut tuh si UBER ehehe. Dari Kakak yang inilah saya mencontoh bagaimana untuk bersikap sabar.
6. Famous / Terkenal di kalangan dosen
Bisa terkenal di kalangan dosen adalah hal yang sangat asik! Ga usah repot-repot jadi asisten dosen. Cukup jadi ketua kelas dan aktif bertanya di setiap mata kuliah, maka kamu akan jadi obrolan di kantor dosen. Saya sendiri pernah menjadi ketua kelas dan aktif bertanya ketika mata kuliah berlangsung, enaknya kalo udah di kenal dosen. Kamu bakalan gampang banget dapet nilai. Percaya deh! Bahkan dosen itu ngga bakal tega ngasih nilai C, padahal orang yang paling cerdas di kelas kamu aja dapetnya C. Itu benar terjadi dengan saya karena saya sering berkomunikasi dengan dosen. Uhuy!

Ketua kelas sepanjang masaaa!


7. Turun ke masyarakat lewat program Kuliah Kerja Nyata
Dan ini adalah hal yang terasik selama saya kuliah. Yaitu ikut program Kuliah Kerja Nyata atau disingkat KKN. KKN adalah salah satu mata kuliah wajib yang wajib di jalankan (tergantung kurikulum kampusnya) agar mahasiswa dapat mengabdi pada masyarakat dengan menyalurkan ilmu yang mereka pelajari selama berkuliah. Biasanya KKN akan di adakan di semester 7. Kebetulan waktu itu saya ikut program KKN Muhammadiyah bertingkat nasional dan di adakan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Mahasiswa yang berpartisipasi berjumlah lebih dari 600 orang dari seluruh lembaga pendidikan tinggi Muhammadiyah seindonesia. Bayangkan, dari sabang sampai merauke semua mahasiswa berkumpul di Purbalingga untuk ber-KKN. Sangat-sangat seru kan. Saya hijrah dari Tangerang ke Purbalingga, dan disana saya bertemu kelompok saya yang sebelumnya kita belum pernah bertatap muka ada yang berasal dari Gombong, Malang, Sulawesi Selatan, Sukabumi, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, dan Ponorogo. Dan kita di tempatkan di sebuah desa, saya pribadi berpendapat itu adalah desa yang indah dan menenangkan yaitu desa Karangklesem. Satu bulan kita disana berbagi suka duka. Banyak sekali kegiatan seru selama satu bulan ber-KKN. Kamu harus coba!

Ini awal pertemuan kami, kelompok 4 Desa Karangklesem

Foto bareng Guru dan Siswa TPQ di masjid Al-Ikhlas
Nah, inilah saat-saat terakhir kami di acara Bazaar Expo KKNMU Purbalingga. Sebenernya fotonya kurang satu orang karena lagi sakit hehe.

Gimana, asik kan! Masa muda kamu akan semakin berwarna kalo kamu kuliah. Semoga sedikit dari pengalaman saya di atas bisa memberi kamu inspirasi dan semangat untuk berkuliah ya. Jangan pernah menyerah, semoga sukses! Cheers!
Share:

0 comments:

Posting Komentar