Kamis, 28 Januari 2021

Apa yang mengakibatkan cepat depresi?

 Mengapa memahaminya adalah kunci pemulihan.


Saya memiliki klien baru kemarin yang merasa gugup bahwa terapi kami akan membahas pembicaraannya, dan mungkin menangis, minggu demi minggu, tentang semua hal menyedihkan yang telah terjadi dan masih terjadi dalam hidupnya.

Saya meyakinkan dia bahwa ini bukan cara saya bekerja. (Memang, kami para praktisi yang diberikan manusia hanya pernah menerima sesi demi sesi, karena perubahan dapat terjadi dengan sangat cepat.) Namun, hal itu mengingatkan saya pada saat saya dihubungi beberapa tahun yang lalu oleh seorang wanita muda yang akan saya hubungi Julia . Dia memberi tahu saya bahwa dia telah menemui terapis untuk kecemasan dan depresi setiap minggu selama tujuh tahun. Kalimat berikutnya yang selalu melekat di benak saya: 'Dan saya mulai berpikir bahwa saya tidak akan menjadi lebih baik.'

Saya mengatakan kepadanya bahwa dia dipersilakan untuk mencoba pendekatan yang diberikan manusia, tetapi dia tidak akan dapat melakukan keduanya. Dia memutuskan untuk mencoba sesi.

Saat tiba, dia hampir tidak bisa duduk diam dan, memang, dia bertengger di ujung kursinya, meremas-remas tangannya. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia tidak bisa mengendalikan pikirannya yang berpacu dan bangun setiap hari dengan perasaan berat, mati rasa di ulu hati, yang berlangsung sepanjang hari. Dia sangat cepat menangis dan, ketika saya menyatakan keprihatinan, terkejut karena, katanya, dia selalu menangis selama terapi.

Di akhir sesi itu, dia menjadi rileks dan tenang, kagum pada betapa dia telah belajar tentang depresi, bagaimana hal itu muncul dari kebutuhan esensial yang tidak terpenuhi, yang mengarah ke siklus kekhawatiran, kurang tidur, kehilangan motivasi, dan depresi yang mendalam. . Saya juga menjelaskan apa yang menyebabkan kecemasan kronis, dan bagaimana menghentikannya. Dan kemudian saya membuatnya sangat rileks — mungkin pengalaman pertamanya yang sepenuhnya bersantai — dan membimbingnya untuk membayangkan dirinya menerapkan perubahan yang telah kita diskusikan, yang akan memungkinkannya membuka masa depan yang lebih cerah untuk dirinya sendiri.

Julia memiliki sumber daya kehidupan yang sangat besar, yang dapat kami kembangkan. Dia memiliki peran pengawas di panti jompo, pekerjaan yang menuntut keterampilan empati yang kuat. Dia memiliki kondisi kesehatan kronis, yang dia atasi dengan tegas dan dengan humor yang baik. Dia berada dalam hubungan jangka panjang yang penuh kasih dan memiliki banyak minat. Semua yang menahannya adalah kritik tanpa henti yang dia terima dari ibunya sejak kecil, yang telah memicu kurangnya kepercayaan diri.

Setelah satu bulan, di mana kami melatih ekspektasi yang sangat berbeda, dia adalah orang yang sama sekali berbeda.

Kami bisa saja menghentikan sesi kami di sana tetapi, setelah tujuh tahun berpegangan tangan, dia takut untuk melakukannya. Saya mengatur jarak sesi kami, melihatnya pertama setelah jeda dua bulan dan kemudian setelah tiga. Di sesi terakhir, dia bercerita tentang konflik dengan pacarnya, yang sebelumnya dia akan 'menabung' untuk diceritakan di sesi terapi mingguannya.

"Tapi aku tidak bertemu denganmu selama lima minggu lagi, jadi aku harus menghadapinya sendiri," katanya. Menggunakan teknik dan keterampilan yang telah kami latih sebelumnya, dia melakukannya dengan sangat konstruktif.

Ini meyakinkannya bahwa dia siap menghentikan terapi kami, hanya setelah enam sesi.

Ini bukan hal yang aneh bagi praktisi HG. Kami berharap untuk membawa perubahan positif yang signifikan dengan cukup cepat, bahkan ketika seseorang telah menderita kecemasan dan depresi selama bertahun-tahun, telah mencoba untuk mengakhiri hidup mereka, atau telah mengalami pelecehan yang serius.


Share:

2 komentar:

  1. Menarik kak membahas depresi. Pemicu depresi itu sendiri biasanya apa ya? Dari perasaan kesepian atau dari masa kecil apa juga berpengaruh munculnya depresi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Depresi rasanya seperti skak mat dipermainan catur. Terhimpit masalah yg kita tdk tau solusinya. Penyebabnya relatif, tp dampaknya sangat bisa dilihat jelas melalui perilaku seseorang

      Hapus