Kamis, 19 Desember 2019

Lembur gotong royong jelang pembagian raport siswa



Minggu ini adalah minggu yang paling intens bagi para guru mengejar target pengisian nilai raport. Setelah selesai ujian akhir seluruh siswa di liburkan, tetapi sekolah masih tetap hidup oleh guru yang sibuk mengurus raport siswa yang isinya sangat banyak dan rumit. Kesan yang menyenangkan bagi saya setelah setengah tahun mengajar disini. Guru tidak lagi berhadapan dengan siswa, tapi laptop dan berkas-berkas. Terasa seperti seorang pekerja kantor yang kerjanya hanya di satu tempat selama berjam-jam, yang aktif hanya jari-jari saja.

Jam masuk lebih siang dari biasanya.  Lebih santai karena tidak ada siswa, tetapi sadar bahwa job list menumpuk. Masing-masing grade bekerja sama untuk menuntaskan pekerjaan bersama. Di sini saya merasa ada kekompakan dalam bekerja. Senang rasanya merasakan momen kebersamaan dalam bekerja keras. Berusaha mencapai tujuan dengan saling membantu. 

Kelas saya memajukan jadwal pembagian raport karena kebetulan partner kelas saya akan ada acara yang bertepatan dengan tanggal resmi pembagian raport. Jadi, khusus kelas saya jadwal pembagian raportnya di majukan. Besok adalah pembagiannya, tetapi saya bertemu kendala. Aplikasi excel raport ada yang error dan nilai Bahasa Indonesia tidak bisa keluar. Huft... dari pagi hingga sore pekerjaan tak kunjung beres hanya karena hal itu. Di jam-jam menuju senja akhirnya masalah terpecahkan juga. Banyak hal yang perlu di rampungkan hari ini. Tetapi ada guru yang rela membantu dan berbagi pusing. Pak Sandi mencoba membantu yang dia bisa hingga waktu mendekati maghrib. Seiring beberapa guru lain juga masih berjuang dengan tanggung jawab mereka. Bekerja keras hingga gelap tiba. Alhamdulillah perjuangan kami membuat raport kelas saya rampung dan tinggal di bagikan saja besok kepada wali murid.

Apapun yang terjadi besok saya sudah siap karena saya yakin kita sudah bekerja keras dan berdoa untuk hasil yang baik. Segala spontanitas patutnya di hadapi dengan tenang dan pikiran jernih. Semoga Allah Swt. memberikan berkahnya esok di pertemuan guru dan wali murid. Semoga lelah ini menjadi ibadah. Semoga di permudah segala urusan. Bekerja sama dengan orang-orang baik adalah hal yang sangat berkesan. Tidak banyak orang yang ingin di ajak susah. Maka jangan lupa untuk selalu berbalas budi dan bersikap ramah terhadap sesama.





Share:

0 comments:

Posting Komentar