Selasa, 23 April 2019

,

Satu tahun bersama ASUS E203 NAH


Halo gess… kembali lagi di donay’s daily blog. Saya ngerasa tulisan kali ini special ya, karena saya akan membahas tentang barang kesayangan saya yaitu notebook Asus E203 nAh. Sebenernya saya menganggapnya lebih dari sekedar barang elektronik, karena notebook yang satu ini selalu nemenin saat-saat bête saya layaknya sahabat. Notebook ini udah satu tahun bersama saya loh. Pastinya udah banyak momen yang kita lewatin, pastinya kalian mau tau juga kan ehehe.

Cilukbaa!!? Ini dia penampakannya! (Fotonya di ambil pas mau post artikel ini)

Asus E203 nAh ini saya beli tanggal 18 April 2018. Sebelum memiliki notebook ini, dulunya saya pake laptop Acer warisan Kakak saya selama dua tahunan untuk ngerjain tugas-tugas kuliah. Tapi apa daya kondisinya udah memprihatinkan banget batrenya cepet abis dan body nya udah pada pecah karena ukurannya yang terlalu besar dan berat untuk di bawa-bawa. Nah, karena pengalaman pake laptop yang ternyata ngga compact untuk di bawa-bawa. Akhirnya saya pilih notebook Asus E203 nAh sebagai partner pendukung aktivitas perkuliahan saya. Ada kelebihan lainnya yang saya rasakan selama menggunakan notebook ini, tetapi ada juga beberapa kekurangannya. Untuk itu saya akan membahasnya secara detail di bawah:

Kelebihan Asus E203 nAh

Kelebihan yang pertama notebook ini adalah dari ukuran bodynya yang kecil, bahkan lebih kecil dari ukuran kertas A4. Hal ini yang membuat saya merasakan perbedaan dengan laptop saya yang dulu. Karena dengan notebook ini saya jadi bisa membawa kemanapun tanpa harus capek. Dulu tuh rasanya jarang bawa laptop untuk kuliah karena ukurannya yang besar dan beban yang berat jadi saya bawa cuma saat presentasi aja mungkin, tetapi sejak pake notebook saya jadi membawanya hampir setiap hari ke kampus. Bahkan notebooknya muat ke gearbag saya juga loh. Jadi ngga usah repot bawa tas besar. Gearbag kecil aja udah bisa muat dengan notebook ini. Karena compact dan ringkas saya jadi bisa on work dimana aja tanpa harus ribet.

Yang kedua saya melihat dari segi performanya. Notebook ini sanggup untuk multi tasking pekerjaan-pekerjaan ringan seperti Microsoft Office dan juga browsing internet. Di gunakan secara bersamaanpun masih lancar-lancar aja dengan catatan tidak berlebihan tasknya. Dapur pacu/ CPU notebook ini adalah Intel Celeron N3350 yang emang ngga di buat untuk pekerjaan berat seperti game-game high rate atau professional video dan audio editing dan saya sadar akan hal itu ehehe.

Tapi ada satu game bagus yang saya install dan bisa lancar di mainkan yaitu Asphalt 8: Airborne. Game ini menjadi game terbaik yang ada di notebook saya dan kadang-kadang saya mainin. Graphic yang bagus bikin notebook cepet overheat dan nguras baterai banget jadi saya setiap main cuma sebentar aja untuk ngilangin bosen.

Ketiga yaitu asik untuk nyetel film dan musik. Warna layarnya emang ngga setajam device lain yang speknya lebih tinggi ya. Tapi untuk nonton film-film HD saya cukup merasa nyaman kok mantengin notebook ini. Untuk musikan juga enak banget. Karena dual speakernya halus dan ngga cempreng di kuping. Saya sering banget berjam-jam ngerjain tugas sambil musikan. Bikin mood jadi bagus ehehe.

Keempat adalah daya tahan baterai, berapa lama sih notebook ini bisa di gunakan dalam keadaan on battery?

Nonton film --- 3 jam setengah
Game Asphalt 8 --- 2 jam
Ms. Office & Browsing --- 5 jam (mencetak record di perpustakaan, penggunaan intens karena deadline tugas)
Download file --- 5 jam (dalam keadaan layar mati)

Kekurangan Asus E203 nAh

Kekurangan yang pertama adalah task yang berlebihan bisa bikin lemot notebook. Biasanya kalo saya buka explorer, ppt, word, ebook, music, browsing, dan aplikasi lain secara bersamaan bakalan bikin notebook lemot. Kadang juga speakernya bisa ngeluarin bunyi “brrrr” gitu ehehe. Tapi kalo tasknya wajar-wajar aja sih masih bisa jalan dengan normal.

Kedua yaitu kekuatan baterai yang menurun. Ternyata dalam satu tahun penggunaan baterainya udah ngga sekuat saat bulan-bulan awal pertama beli. Sekarang untuk sekedar ngetik dan browsing  sambil musikan aja baterainya cuma bisa bertahan 3 jam. Ya, memang wajar sih kalo performa baterai menurun karena baterai itu sebenernya barang habis pakai. Mungkin tahun depan juga udah harus ganti baru ya. Tapi masih terhitung oke kok ketahanan baterainya.

Ketiga, jack audio yang error. Kalo di pasang dual speaker/ earphone yang mau nyala cuma sebelah. Ini sih dari bulan-bulan awal juga udah rusak ya. Tapi, untungnya saya ngga suka pake earphone. Jadi ngga terlalu saya pikirin. Mendingan pake speaker notebooknya aja lebih nyaman meskipun kurang pas feelnya kalo buat setel lagu-lagu yang ngebass.

Ya... jadi gitu kurang lebihnya pengalaman saya setahun bersama Asus E203 nAh ini. Overall tahun pertama notebook ini masih awet dan lancar jaya untuk di gunakan. Semoga saya bisa awet-awet deh untuk 10 tahun kedepan, supaya bisa di review lagi performanya ehehe. Apakah kamu punya cerita juga dengan notebook/ laptop kesayangan kamu? Komen di bawah ya.




Share:

0 comments:

Posting Komentar