Senin, 15 April 2019

Cerita skripsi: Sempro deadline!


Sempetin nulis deh untuk cerita pengalaman skripsian yang membuat saya desperate abis. Kalo kaya gini rasanya, mungkin penulis skripsi itu harusnya di istilahkan sebagai survivor daripada researcher. Ya karena untuk membuat karya ilmiah kaya skripsi kita benar-benar harus bertahan dengan diri kita sendiri di rimba belantara yang isinya penuh dengan kemalasan, kebingungan, kebuntuan, dll. Yang bisa memerosokan kita ke jurang pengacuhan. Hehe ya mungkin kesan mengerjakan skripsi itu beda-beda ya mungkin ada yang merasa biasa aja atau malah kalian merasa skripsi itu easy, tapi ngga menutup kemungkinan juga kesannya ada yang lebih buruk dari pengalaman saya sekarang.

Meskipun saya akui skripsi itu berat dan kadang membuat desperate, tapi saya ngerasa ngga bakal menyerah gitu aja sama skripsi. Karena mungkin di kehidupan saya kedepan bakal ada hal yang lebih sulit dari ini yang musti sayang hadapi juga. Dan sekarang Alhamdulillah skripsi sudah sampe tahap seminar proposal.

Saya ngerasa kemalasan adalah musuh utama dalam lakon skripsi saya. Mungkin karena kombinasi dari kebingungan cara pengerjaan dan kebuntuan referensi ahli jadinya berujung pada kemalasan dan pengacuhan skripsi. Bayangkan betapa kuatnya kemalasan ini. Saya menargetkan seminar proposal di bulan Januari. Tapi ngaretnya 4 bulan coy, bulan April baru saya daftar seminar proposal. Itu juga karena deadline pendaftaran jadi saya buru-buru untuk beresin skripsi dan sayarat pengajuan daftar seminarnya meskipun “ngepas” banget.

Kondisi meja belajar. Biasanya kalo di niatin begadang bakalan siapin minum di botol kaya di foto. Dan lagi kalo mata udah burem banget bakal nyalain lampu meja biar terang dan ngga burem lagi soalnya mata saya kalo kelamaan liat laptop suka kuning-kuning, bukan kunang-kunang hehe.


Mau menyalahkan diri sendiri dengan kemalasan? Hmm bisa ngga ya? Karena ternyata saya juga ikut menikmatinya sih hehehe. Butuh pengumpulan niat seengganya seminggu untuk kembali mengerjakan skripsi. Dan dalam pengumpulan niat itu saya bersantai dengerin musik dan ngeblog, sering juga makan dan tidur sampe puas bikin hati tenang hehehe. Parahnya itu bersiklus, setiap abis bimbingan dengan dosen pasti kemalasan itu lagi-lagi datang. Padahal penundaan hanya membuat keadaan semakin buruk. berada di posisi yang serba salah, merasa ngga sanggup untuk mengerjakan, padahal cuma malas aja. Pokonya kita pengen mencari pembenaran dengan berbagai alasan supaya kita ngga ngerjain skripsi yang malesin itu.

Meskipun ngerjainnya ngga rajin saya tidak melewati deadline daftar seminar proposal. Tapi, kalo boleh mengoreksi sebenernya saya juga ngga merasa puas dengan diri saya. Karena saya merasa bisa lebih dari ini. Saya memang harus konsisten menghindari yang namanya kemalasan.

Sekian ceritanya. Semoga kalian bisa mengambil makna dari cerita saya. Sekarang waktunya saya siapin berbagai materi buat menghadapi seminar proposal besok. Peace! Rajin..rajin..

Share:

0 comments:

Posting Komentar