Sabtu, 10 Agustus 2019

MEMBENTUK KARAKTER FIKSI YANG KUAT

🍁 Karakter yang kuat harus lengkap dan seperti manusia biasa. Punya keinginan, ambisi dan ketakutan, emosi, marah, sedih, riang, dan lain lainnya seperti sifat manusia dalam dunia nyata.

🍁 Buatlah biografi tokoh mulai dari usia, jenis kelamin, arti dari sebuah nama yang dipilih penulis, keluarga, pendidikan, tujuan hidup, masalah dan rintangan, hal yang paling disukai, dan segala hal yang terjadi dalam hidup sang tokoh.

🍁 Perdalam juga wawasan dari ilmu psikologi yang membahas tipe tipe kepribadian tiap tokoh, agar saat menghadapi konflik dalam cerita, sang tokoh bisa menyelesaikan masalahnya. Ini adalah bentuk reaksi tokoh yang akan membuat karakter kuat dan membentuk plot cerita yang juga hidup.

🍁 Nama tokoh itu penting untuk menyesuaikan dengan sosok si tokoh. Setelah menentukan nama tokoh, gambarkan fisiknya. Lebih kuat lagi jika menggunakan model nyata. Bisa menggunakan karakter teman, misalnya. Jangan lupa tambahkan juga cirri khas si tokoh yang unik.

🍁 Pemberian nama juga sangat efektif untuk memperkuat karakter. Jangan sampai hanya karena enak didengar dan bagus ditulis, tetapi tak memberi nilai tambah bagi pembangunan karakter tokoh.

🍁 Buatlah karakter yang _memorable_. Penokohan yang bisa membuat pembaca percaya, bahwa tokoh itu ada. Semua yang ada dalam diri tokoh itu begitu terkesan untuk pembaca.

🍁 Menciptakan tokoh yang masuk akal. Meskipun cerpen atau novel hanyalah cerita rekaan, tetapi pembaca selalu memiliki referensi ke kehidupan nyata.

🍁 Menciptakan karakter lewat dialog. Bagaimana si tokoh berdialog, apa yang di bicarakan, gaya apa yang di lakukan, bagaimana intonasi setiap berbicara

🍁 Cintai tokohmu! Mencintai tokoh butuh detail lengkap. Seperti fisik, kebiasaan, cara bicara juga pandangan hidup si tokoh. Jika penulis mencintai tokohnya, maka ia akan menjiwai. Pengalaman batin penulis akan terserap menjadi pengalaman batin pembaca.
Share:

0 comments:

Posting Komentar