Minggu, 18 Juni 2023

masalah dan stress


Masalah adalah imbas dari kelemahan otak manusia. Meskipun manusia bisa meminimalisir masalah tapi bukan berarti manusia bisa menghalangi datangnya setiap masalah. Manusia tidak bisa menghitung semua kemungkinan dari setiap hal yang terjadi di hidupnya. Nah, hal yang luput dari perhitungan itu bisa saja nantinya akan berimbas dan menyebabkan masalah kepada individu itu sendiri.

Memang berat sekali rasanya ketika kita mendapatkan masalah yang sangat membebani pikiran. Tapi percayalah, jika kita bisa melewatinya dengan tenang maka kita akan belajar banyak hal dan menjadi lebih bijak.

Sisi positif dari masalah adalah kita jadi bisa lebih dekat dengan diri kita sendiri. Mengevaluasi apakah selama ini yang kita lakukan sudah benar atau jangan-jangan memang hal ini adalah kelalaian kita sendiri? Ketika masalah selesai kita akan menjadi lebih percaya diri dan kuat menghadapi kehidupan. Bukankah kita perlu menjadi manusia yang kuat dan tidak cengeng, meskipun banyak kesusahan yang di lewati dari masalah, ternyata hal itu membuat kita tangguh kedepannya.

Masalah yang berat membuat otak kita menjadi stress. Gairah untuk melakukan aktivitas menghilang, tidurpun rasanya sangat sulit. Wajar saja hal itu terjadi karena kita sedang berada di fase terendah ketika menghadapi masalah berat. 

Berdasarkan pengalaman pribadi. Ketika mendapat masalah cobalah sekuat tenaga untuk tetap tenang dan berpikir solusi terbaik dari masalah kita. Setelah menganalisa dan memikirkannya dengan matang. Pastikan solusi itu tepat dan yakini solusi itu bisa menyelesaikan masalah. Tetap tenang, pikirkan pelan-pelan sambil minum kopi pun boleh. Jangan terjebak pada cycle pemecehan masalah. Cukup yakini satu solusi dan jadikan poin utama. Tidak usah berulang-ulang memikirkan solusi yang berbagai macam.

Setelah itu, yakinlah waktu akan membantu menyelesaikan masalahmu. Tetap bersikap tenang sekuat tenaga dan bertahan bersama waktu. Insyaallah masalah kamu akan selesai dan hatimu akan lega.

Masalah membuat kita belajar, masalah membuat kita menyadari bagaimana seharusnya kita menjalani kehidupan. Masalah membuat kita mencintai kembali diri kita.

Share:

0 comments:

Posting Komentar